Minggu, 17 Oktober 2010

“Treasure Hunt”

Bible camp J-Youth 2010

Halo teman-teman apa kabar? kita berjumpa lagi tentunya bersama saya Afriadi yang selalu setia meliput berita-berita penting dan aktual di J-Youth. Belum lama berselang sewaktu libur lebaran yaitu pada tanggal 9-11 september, J-Youth mengadakan acara Bible Camp (hmm,rasa-rasanya sudah lama sekali pemuda tidak mengadakan camp khusus pemuda seperti ini). Nah, teman-teman untuk camp ini kami mengambil tema “Treasure Hunt”. Kayak judul film aja yah, mungkin yang terlintas di kepala teman-teman adalah tidur di alam terbuka (tenda), menelusuri alam rimba yang ganas demi mencari artefak/ benda-benda kuno yang berharga (kayak di film Indiana Jones atau Lara Croft bukan…?) Salah besar! Treasure Hunt disini bertujuan menekankan bagaimana kita ber-”PA” (melakukan Pendalaman Alkitab), dan yang terpenting adalah menimbulkan kembali rasa kerinduan pemuda-pemudi untuk mendalami Firman Tuhan.

Bible Camp ini bertempat di villa pribadi Cikopo (Bogor) milik Bpk. Ryadi, salah satu aktivis di gereja kita (Makasih banyak ya pak… J). Dari jauh-jauh hari para pemuda dan panitia mulai gencar mempromosikan acara ini lewat facebook, brosur, SMS, dan dari mulut ke mulut. Akhirnya terkumpullah 21 orang pemuda-pemudi serta 2 orang remaja. Oh iya, kami juga didampingi oleh Pnt Hendy Suwandi, Ev. Maria F., Ev. Chelcent, & Ev. Budi. Khusus untuk Bible Camp ini kami mendatangkan pembicara yang special yaitu Pdt. Ignatius Bagoes Seta yang akan memimpin semua sesi PA nantinya. Beliau berdomisili di Surabaya. Tahun ini adalah tahun terakhir playanan beliau di Indonesia, karena tahun depan beliau akan pelayanan ke Australia. Mampukah teman-teman kita yang ikut Camp ini mencapai tujuannya? Mari kita simak liputannya, Let The Journey Begins… tring!!.

Hari I: 9 September 2010

Hari yang ditunggu akhirnya tiba juga, Kamis 9 September 2010. Siang itu pukul 11.00 beberapa teman kita di gereja tampak sibuk memasukkan barang-barang ke mobil. Ya, mereka ini orang-orang yang berangkat terlebih dulu untuk menyiapkan segala macam keperluan di villa nanti. Barulah pada pukul 14.00 di gereja sudah tampak ramai. Peserta camp sudah berkumpul semua di gereja dan bersiap untuk berangkat. Setelah mengikuti briefing, barulah mereka berangkat dengan menggunakan 3 mobil pribadi. Perjalanan menuju lokasi berjalan dengan lancar dan hanya memakan waktu 45 menit. Begitu tiba di tempat tujuan,kami langsung disambut oleh pemandangan gunung-gunung, pohon-pohon dan udara yang sejuk (pokoknya segaaar abis deh teman-teman).

Nah, setelah teman-teman kita beres-beres dan istirahat yang cukup, sesi pertama pun dimulai dengan diawali beberapa pujian yang dipimpin Sdri. Mei-Mei dan kata sambutan dari ketua Bible Camp yaitu Perry (Wah..kayak Pak SBY lagi pidato looh..^^). Di sesi ini pemuda-pemudi kita disadarkan pentingnya melakukan Bible Study. Pemuda juga diajarkan bagaimana caranya memahami kitab-kitab di Perjanjian Lama. Pada sesi ini juga dibahas mengenai makna Kerajaan Allah, kata “perjanjian”dan latar belakang masing-masing kitab dalam Perjanjian Lama. Setelah sesi ini selesai, teman-teman kita dibagi kedalam 4 kelompok yaitu Kejadian, Keluaran, Matius dan Wahyu di mana satu kelompoknya terdiri 5-6 orang. Masing - masing kelompok ini di beri satu pasal dalam Kitab perjanjian Lama. Di tengah suara malam takbiran menggema, kami mulai berdiskusi dengan teman satu kelompok untuk menggali benang merah pasal tersebut, keterkaitan pasal tersebut dengan pasal-pasal sebelumnya dan apa pesan penting yang bisa dipelajari. Ternyata cukup sulit namun sangat menarik lho. Setelah acara PA kelompok selesai, kami pergi tidur karena sudah malam (zzz..zzz..).

Hari II: 10 September 2010

Pada hari kedua, pukul 6.30 teman-teman kita diajak untuk melakukan gerakan-gerakan dasar stretching yang sederhana. Olahraga pagi ini dipimpin oleh mantan atlet terkenal…hehehe...Sdr Gatot. Selesai stretching, acara dilanjutkan dengan mandi, makan pagi, dan saat teduh (bagi yang belum bersaat teduh). Semua pemuda kita ternyata cukup pandai mengatur waktu untuk bergantian mandi dan makan. Yang jelas, sesuai jadwal, pada pukul 09.30, kami sudah menyelesaikan semua aktivitas tersebut dan memulai sesi ke- 2. Sesi ke-2 diawali dengan beberapa pujian dipimpin oleh Sdr. Micheal dan dilanjutkan dengan presentasi hasil PA dari masing kelompok. Setelah pembahasan presentasi, acara dilanjutkan dengan penjelasan latar belakang dan inti sari beberapa kitab PL yang kemarin belum diulas, salah satunya adalah kitab Yunus. Pada sesi ini juga dibahas mengenai konsep perjanjian lama dan perbedaannya dengan perjanjian baru. Dibahas juga konsep keselamatan, iman,dan perbuatan baik.

Setelah sesi ke-2 selesai, kami meludeskan snack yang ada dan kemudian dilanjutkan masuk pada acara Bible Quiz. Pada game ini setiap kelompok harus menjawab 20 pertanyaan Alkitab yang di berikan oleh panitia, (nampaknya hanya mereka yang terbiasa buka Alkitab atau yang sudah habis membaca Alkitab yang bisa menjawab..susah^^’). Kemudian dilanjutkan dengan game kedua yaitu menebak lirik lagu, tapi rasa-rasanya ada yang diubah peraturannya karena tidak seperti biasa, mungkin agar lebih menarik dan tidak membosankan—dimodifikasi sambil adu sprint. Semua peserta bermain dengan antusias dan sportif, tidak ada yang bermain curang^^. Setelah acara ini selesai, teman-teman kita langsung melahap makan siang karena perut yang sudah keroncongan dan acara lirik lagu yang cukup melelahkan. Selanjutnya dengan waktu bebas yang mereka punya, mereka pun mempersiapkan Talent Show.

Waktu menunjuk pukul 17.00. Acarapun dilanjutkan, kali ini masuk puncaknya yaitu Treasure Hunt Game. Games perkelompok ini bisa dibilang susah-susah gampang, yaitu memecahkan beberapa kode yang diberikan pada tiap-tiap pos untuk mencapai pos selanjutnya, demi mengumpulkan harta karun potongan ayat Alkitab. Namun tentunya membutuhkan kejelian serta kerjasama tim (bayangkan teman-teman kami mengikuti game ini disertai hujan yang rintik-rintik, becek, mana gak ada ojek….cape deh ^^). Hari pun semakin gelap,dan akhirnya pukul 18.30, game yang melelahkan ini selesai ketika semua kelompok berhasil menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

Setelah mandi dan makan malam sesi ke-3 diawali dengan menaikkan beberapa pujian yang dipimpin oleh Sdri. Astrel. Pada sesi ketiga ini dibahas mengenai perbedaan injil sinoptik (perbedaan mengenai Matius, Markus, Lukas dan Yohanes). Dibahas pula makna dan peristiwa seputar kelahiran Yesus, yaitu pada saat Maria mengunjungi Elisabeth (ini bukan Ev. Maria mengunjungi Ev.Elizabeth lho, tapi tokoh yang ada di Alkitab..^^). Di sesi ini diajarkan juga bagaimana membuat pertanyaan-pertanyaan untuk bahan PA. Akhirnya setiap kelompok kembali diberikan masing-masing 1 pasal perumpamaan untuk digali bersama dalam kelompok masing-masing. Sesudah PA kelompok selesai, waktu kebersamaan diisi dengan memasak dan menyantap indomie rame-rame (maklumlah teman-teman, karena tukang mie tek-tek tidak ada yang lewat..). Sambil menyantap kami bersenda gurau dan juga menyaksikan foto-foto nan kocak yang berhasil tertangkap lensa kamera fotographer profesional kita yaitu David selama acara bible camp berlangsung. Malampun makin larut, mata kami pun sudah berat, dan kami pergi tidur dengan lelapnya.

Hari III: 11 September 2010

Keesokan paginya teman-teman kita melakukan rutinitas yang sama seperti kemarin yaitu SATE dan olahraga bersama. Namun kali ini acara olahraga dilakukan dengan lebih semangat karena diiringi oleh lagu Waka-Waka (itu loh Theme song piala dunia di Afrika..Wah seakan-akan kami ikut bertanding di kejuaraan dunia..hidup Brasil!!^^).

Setelah mandi dan sarapan, kami pun lanjut masuk ke sesi 4 yang diawali dengan puji-pujian yang dipimpin oleh Sdr.Perry. Sesi 4 ini diawali dengan presentasi dari masing-masing kelompok atas hasil PA perumpamaan semalam, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan bagaimana cara memimpin PA kelompok dan menghadapi bermacam-macam tipe anggota kelompok. Di akhir sesi dibuka ruang tanya jawab. Para peserta bertanya dengan antusias dan lebih heboh (ya, iyalah..pemuda gitulooh..^^). Pertanyaan dan diskusi sangat bervariasi, mulai dari pertanyaan seputar kitab-kitab dalam Alkitab hingga doktrin kekristenan, dinosaurus dan UFO. Setelah semua pertanyaan puas terjawab, tibalah waktunya untuk Talent Show. Penampilan unik dan kocak dari setiap kelompok yang disertai dandanan mereka yang aneh (tidak terkecuali saya..he..he) berhasil mengocok tawa peserta camp dan para juri yang terdiri dari Pnt. Hendy, Ev. Maria, Pdt. Ignatius Bagoes Seta. Ternyata pemuda kita punya juga berbakat akting lho. Talent show kelompok Kejadian mengambil perikop “mimpi juru minum & juru roti”, Kelompok keluaran dengan perikop “sepuluh tulah”, Kelompok Matius “perumpamaan tentang pengampunan” & kelompok Wahyu mengambil perikop “Iblis di hukum”.

Setelah makan siang, kebaktian penutup dipimpin oleh Ev. Chelcent yang kembali menantang peserta camp untuk ver-PA dan membaca Alkitab setiap hari agar kami bisa sungguh menyakini dan mengalami bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan. Acara bible camp diakhiri dengan pengumuman dan foto bersama pemenang games dan talent show. Ini loh urutannya. Juara 4 adalah kelompok Kejadian, juara 3 Matius, juara 2 Wahyu dan juara 1 jatuh pada kelompok Keluaran. Juara Talent Show juga diraih oleh kelompok Keluaran (Selamat ya!!). Setelah puas berfoto bersama, kami pun berkemas dan pulang kembali ke Jakarta.

Ok, teman-teman sampai disini dulu liputan yang dibawakan secara tajam, terkini dan terpercaya. Well, acara ini boleh berjalan dengan sukses dan lancar, itu semua berkat kemurahan Tuhan. Selepas acara ini, biarlah kita semakin bergantung pada Alkitab, permata dan harta terindah yang memberi hidup kekal dan menyelamatkan orang berdosa. Nilainya pun tak bisa diukur oleh apapun jua. Temukanlah berkatnya bagi jiwamu selagi kau bisa. Alkitab adalah harta karun hikmat bagi Anda, bacalah dan terapkanlah. God Love You always.