Jumat, 30 Oktober 2009

Nama-nama Allah

Dear lamprozers… Shakespeare berkata “Apa arti sebuah nama?” Betapa pentingnya nama bagi seseorang karena melambangkan harapan dari orangtua yang memberikan nama itu, melukiskan harapan karakter, pribadi bahkan profesi sang ayah atau asal-usul keluarga di mana ia dilahirkan.

Demikian juga Allah sebagai pribadi mempunyai nama yang dengan sendirinya Ia nyatakan kepada kita & nama-nama panggilan yang manusia berikan (gelar) untuk melukiskan siapa & seperti apa Allah itu. Sering kali kita menyebut kalimat… ya Allah atau ya illah… sadarkah kita akan perkataan itu & apa makna kita menyebut kata-kata itu? Pada zaman dahulu menyebut nama Allah adalah sesuatu yang amat sakral dan tidak boleh sembarangan. Bagaimana sekarang? Apakah kita juga memperlakukan Allah yang kita sembah dengan selayakNya nama yang disandangNya? Marilah kita melihat bagaiman Allah yang tidak terbatas menyatakan dirinya lewat nama-Nya. Semoga kita semakin lebih rindu mengenal siapa Allah itu…

Dari sekian nama, gelar, atau gambaran tentang Allah dalam PL ada tiga kata dasar utama, yakni ’el, ‘elohim, dan Yahweh (Yehovah). Adalah perlu dari awal memahami arti ketiga nama itu & hubungannya satu sama lain.


Nama-nama utama

El

El (‘el), dalam Alkitab terjemahan bahasa Inggris dipakai kata God atau god (‘Allah’ atau ‘Dewa’). Yang berarti suatu allah atau dewa dalam pengertian yang paling luas.

Elyon, El Elyon

‘El, ‘elyon, ‘Allah yang Mahatinggi, adalah gelar Allah seperti yang disembah oleh Melkisedek. Bentuk jamaknya dalam bahasa Aram adalah ‘elyonin. (kita Daniel). Dalam bahasa Ibrani sama artinya dengan ‘illaya (mis: Dan 4:17; 7:25)

Elohim

Meskipun dalam bentuk jamak, Elohim dapat dipakai sebagai bentuk tunggal yang berarti Allah Yang Mahatinggi. Penggunaan nama ini mengacu pada hubungannya dengan kosmik & semesta dunia (kej 1:1), karena hanya ada satu Allah Yang Mahatinggi dan benar, dan Ia adalah sang Pribadi; ‘elohim mendekati sifat kata benda nama diri, sedangkan kualitas abstrak dan konseptualnya tidak hilang.

Eloah

Kata ini (‘eloah) adalah bentuk tunggal dari ‘elohim dan mempunyai arti yang sama dengan ‘el. Dalam PL kata ini terutama sekali ditemukan dalam puisi (mis: Ul 32:15, 17; paling sering dalam kitab Ayub). Bahasa Aram yang sejajar dengan kata ini adalah ‘ellah.

Yahweh (Yehowa)

Kata Ibrani Yahweh kadang-kadang diterjemahkan Yehowa. Asal nama yang terakhir ini adalah karena naskah asli bahasa Ibran tidak membubuhkan tanda-tanda hruf hidup (vokal); Pada kurun waktu ‘tetragrammaton’ (4 huruf) YHWH dianggap teramat suci untuk diucapkan; jadi ‘adonay (Tuhan-ku) dipakai sebagai penggantinya bila membacakannya dan huruf-huruf hidup dari perkataan ini digabungkan dengan huruf mati YHWH sehingga terbentuklah ‘Yehowa’ (h) suatu bentuk yag pertama kalinya diperkenalkan pada permulaan abad 12 M

Yahweh Elohim

Kedua kata ini digabungkan dalam cerita kej 2:4 s/d kej 3, meskipun ‘elohim saja digunakan dalam percakapan antara Hawa & ular. Jika cerita mengenai Eden berhubungan dengan aslinya dalam bahasa Sumer, maka kemungkinan cerita itu telah dibawa oleh Abraham dari Ur, dan dengan demikian ada kemungkinan untuk menerangkan pemakaian nama in dalam kedua pasal tersebut, yang berbeda dari pasal-pasal sekitarnya

Hubungan kata-kata El, Elohim & Yahweh

Walaupun ketiga kata ini mengandung arti yang sama, namun konteks penggunaannya dalam sebuah kalimat mengartikan hal yang berbeda & tidak bisa dipertukarkan.


Nama-nama khusus yang mengandung ’El atau Yehovah

‘El’ Olam

Berarti Allah yang kekal atau Allah kekekalan (kej 21:33)-ketika Abraham menanam sebuah pohon tamariksa dan memanggil nama Tuhan (Yahweh) di sana.

‘El’ Elohe-Israel

Allah Israel (kej 33:20). Sebutan ini diberikan oleh Yakub ketika Ia mendirikan mezbah di Sikhem setelah ia bertemu dengan malaikat di tempat yang ia namai Pniel (peni-‘el yang berarti ‘muka Allah’ Kej 32:30). Jadi Ia menerima Israel sebagai namanya & taat beribadah lepada Allah.

Yehovah-yireh

Ketika malaikat Tuhan menunjukkan seekor domba jantan sebagai korban bakaran pengganti Ishak (Kej 22), Abraham menamai tempat itu Yahweh Yir’eh, yang berarti ‘Tuhan menyediakan’ (Ay 8, 14)

Yehovah-nissi

Sesudah mengalahkan orang-orang Amalek, Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya Yahweh nissi, yang berarti ‘TUHAN-lah panji-panjiku; ini bukan termasuk dalam nama-nama Allah, melainkan sebagai peringatan terhadap peristiwa-peristiwa tersebut.

Yehovah-syalom

Ini adalah nama yang diberikan oleh Gideon kepada mezbah yang ia dirikan di Ofra, Yahweh Syalom yang berarti ‘TUHAN adalah keselamatan’ (Hak 6:24)

Yehovah-tsidqenu

Ini adalah nama yang dengannya Mesias akan dikenal, Yahweh tsidqenu, artinya ‘TUHAN keadilan kita’ (Yer 23:6; 33:16); bertentangan dengan raja Yehuda terakhir, yang tidak pantas memikul nama Zedekiah (tsidqiyahu yang berarti ‘TUHAN adalah keadilan’)

Yehovah-syamma

Nama ini diberikan kepada kota dalam penglihatan Yehezkiel, yang berarti ’TUHAN hadir di situ’ (Yeh 48:35)

Yahweh seba’ot

Berarti Tuhan semesta alam. Berbeda dari nama-nama sebelumnya, ini adalah gelar Allah. Nama ini tidak muncul dalam kelima kitab Pentateukh, pertama kali muncul di I Sam 1:3, nama yang dipakai oleh Daud waktu menghadapi Goliat & nyanyian kemenangan Daud menghadapi Goliat. Nama ini juga sering diucapkan dalam kitab Nabi-nabi (88 kali dalam Yeremia) dipakai untuk menunjukkan bahwa TUHAN setiap saat adalah Penyelamat & Pelindung bagi umat-Nya. Arti harafiah dari seba’ot ialah tentara.

Yahweh ‘elohe Yisra’el

Berarti Tuhan Allah Israel. Gelar Allah yang sering dipakai oleh para nabi.

Qedosy Yisra’el

Berarti Yang Mahakudus Allah Israel. Gelar Allah yang sangat digemari oleh nabi Yesaya, Yeremia dan kitab Mazmur. Yang agak sama dengan pengertian ini adalah netsakh Yisra’el (‘Sang Mulia dari Israel’) dan ‘abir Yisrae’el (‘Yang Mahakuat Pelindung Israel’)

Yang Lanjut usiaNya

Ini adalah gambaran (bhs Aram ‘attiq yomin) yang diberikan oleh Daniel, yang menggambarkan Allah dan takhta pengadilanNya, mengadili kerajaan dunia yang besar (Dan 7:9, 13, 22)


(by AT: Sumber: Ensiklopedia Alkitab Masa kini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar