Jumat, 03 April 2009

SALIB YANG MENJADI PENDEK

artikel

SALIB YANG MENJADI PENDEK

Alkisah ada sekelompok orang saleh mengadakan ziarah sambil memikul salib dari kayu. Perjalanan yang mereka tempuh cukup sulit, karena harus melalui banyak semak belukar yang berduri, keluar masuk hutan dan mendaki bukit-bukit yang cukup terjal. Terdengar banyak keluhan dan rintihan di antara mereka. Melihat semua kesulitan perjalanan yang harus mereka lalui, salah seorang dari antara para peziarah itu merasa salibnya terlalu berat untuk dipikulnya. Oleh sebab itu, ia memotong sebagian dari ujung salibnya sehingga menjadi semakin pendek dan dapat menjadi lebih ringan di pundaknya.

Setelah berjalan beberapa hari, para peziarah itu mendekati tanah perjanjian yang penuh dengan sukacita dan damai abadi dalam hadirat Allah. Tetapi, mereka masih menghadapi suatu rintangan yang harus diatasi. Ada sebuah jurang terbentang lebar di antara mereka dan sorga. Bagaimana mereka dapat menyeberanginya? Salah seorang di antara mereka menemukan jawabannya dan dapat menyeberangi jurang yang lebar itu dengan menggunakan salibnya sebagai jembatan. Ternyata ukuran panjang salib yang mereka pikul persis pas untuk menjembatani jurang itu. Maka, semua pemikul salib dapat menyeberangi jurang dengan selamat sampai ke sorga, kecuali seorang yang telah memotong salibnya agar lebih ringan tersebut.

Menyangkal diri adalah memilih melakukan kehendak Allah bila kehendak diri sendiri berbenturan dengan kehendak Allah.

Pikul salib ialah menanggung kesulitan yang datang dari Allah, bukan kesulitan yang kita cari-cari sendiri. Mari terus pikul salib yang telah Tuhan anugerah bagi kita masing-masing karena Ia telah memikul bagian yang tak terpikulkan oleh kita. Seperti ada pujian mengenai indahnya salib yang tercipta karena kasih Allah untuk menjembatani keberdosaan manusia dan kekudusanNya:

There’s a BRIDGE to CROSS the great divide
A way was made to reach the other side
The mercy of the Father cost His Son, His life
His love is wide.. His love is deep
There’s a CROSS to BRIDGE the great divide

(disadur dari www.jawaban.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar