Rabu, 03 Juni 2009

THE TALLEST LIVING THING IN THE WORLD (Pohon paling tinggi di dunia)

Di Amerika ada jenis pohon yang sangat besar sekali. Untuk melukiskan keraksasaannya, jika pohon ini ditebang, konon batangnya dapat dijadikan lantai dansa untuk memuat 40 orang sekaligus.

Nama species pohon ini adalah Sequoia sempervirens. Nama lainnya adalah Coastal Redwood atau California Redwood. Pohon raksasa ini dapat mencapai tinggi lebih dari 60-90m. Pohon tertinggi dari spesies tersebut saat ini adalah Hyperion, ditemukan di Redwood National Park, USA pada tahun 2006 dengan tinggi 115.55 m dan dinyatakan sebagai the tallest living thing in the world. Dapat dibayangkan tingginya tanaman ini bahkan mengalahkan tingginya patung Liberty.

Pohon lainnya yang dinobatkan sebagai pohon dengan volume terbesar (the largest tree) adalah the Lost Monarch yang berada di Grove of Titans dengan volume diperkirakan mencapai 1.190 m3 (42.500 feet3) dengan tinggi mencapai 97 m (320 kaki) dan diameter 8 m (26 kaki). Status pohon dengan diameter terlebar yaitu 11.1 m (36.5 kaki) disandang oleh General Sherman Tree di Sequoia National Park. Selain berukuran raksasa species ini juga mempunyai umur yang panjang. Kebanyakan spesies ini dapat berumur hingga 600-900 tahun. Pohon tertua dari spesies ini bahkan dapat mencapai 2200 tahun.

Banyak ahli tanaman terkejut karena sistem perakaran yang dimiliki pohon ini tidak terlalu dalam dan tidak memiliki akar utama (tap root). Namun meskipun kedalaman akar pohon tersebut tidak sebanding dengan ketinggiannya, ternyata sistem perakaran yang dimilikinya sangat sebanding dengan dimensi dari pohon tersebut, yaitu membentuk akar yang bertumbuh menjalar ke berbagai arah hingga mencapai lebar 200 kaki lebih. Sebagai contoh pohon tersebut dengan tinggi 91 m (300 kaki) dapat mempunyai akar lateral yang menjalar hingga 61 m (200 kaki) ke segala arah, yang menyebabkan diameter akar pohon tersebut bahkan lebih tinggi dari tinggi pohon tersebut.

Sistem perakaran ini jugalah yang merupakan salah satu keunikan Sequoia yang menyebabkan ia dapat bertahan hidup hingga ribuan tahun dimana dalam kurun waktu tesebut permukaan tanah telah mengalami kenaikan dan perubahan karena banjir dll. Pada kondisi tersebut ketika permukaan tanah naik, dimana semua tanaman lain akan mati, Sequoia akan membentuk sistem perakaran lateral yang baru dengan cepatnya. Sequoia yang berusia lebih dari 1000 tahun telah mengalami dan selamat dari perubahan permukaan tanah yang mengalami kenaikan lebih dari 9 m (30 kaki).

Melalui Seqouia, the giant, evergreen and longlived tree, kita belajar bahwa semua kebesaran dan kekuatan sebuah pohon ditopang dan bergantung oleh kekuatan akar yang dimilikinya. Apakah bisa dibayang pohon raksasa mempunyai akar seperti akar rumput? Tentu tidak mungkin. Sama seperti halnya tanaman, kehidupan orang Kristen harus senantiasa bertumbuh terus dan terus dan terus. Dan sama seperti pertumbuhan tanaman senantiasa diawali dengan pertumbuhan akar, demikian juga dengan kehidupan rohani. Untuk dapat menjadi orang Kristen yang dewasa, kita mutlak harus berakar di dalam Kristus, menerima nutrisi dan air kehidupan Firman Tuhan supaya dengan akar yang kuat, pohon iman kita bisa bertumbuh terus mencapai ketinggian sesuai dengan pertumbuhan yang dianugerahkanNya kepada masing-masing kita dan kita bisa bertahan mengalahkan badai, topan dan banjir kehidupan.

Mari kita berakar di dalam Kristus supaya janji kehidupan yang bertumbuh dan berbuah dapat digenapiNya di dalam kita.

(RSL, dari berbagai sumber di internet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar